Tantangan Pembelajaran Proyek Citizen Science di Indonesia

Penulis

  • Utari Akhir Gusti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Topik Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Sriyati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61648/ibers.v4i1.140

Kata Kunci:

Tantangan, Proyek Citizen Science, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi mengenai tantangan pembelajaran proyek citizen science di Indonesia, sehingga implementasinya lebih maksimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan penelahan pustaka. peneliti menggunakan triangulasi data yang bertujuan agar peneliti dapat meningkatkan pemahaman peneliti terkait data dan fakta yang dimiliki. Pembelajaran pelibatan masyarakat lokal ini memberikan manfaat sangat besar dalam pembelajaran di sekolah. Kelebihan pembelajaran ini yaitu pelibatan ahli dan non ahli dalam proses pembelajaran, peserta didik belajar dari objek asli, menghasilkan berbagai produk, dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Disamping itu, kelemahan pembelajaran ini membutuhkan waktu tambahan dalam proses pembelajaran. Tantangan dalam pembelajaran proyek citizen science diantaranya cohesiveness  atau kedekatan peserta didik, komunikasi interpersonal, penggunaan teknologi informasi, dan waktu. Dengan demikian, pembelajaran proyek citizen science menjadi salah satu inovasi pembelajaran masa kini yang dapat diaplikasikan oleh guru di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-13

Cara Mengutip

Gusti, U. A., Hidayat, T., & Sriyati, S. (2025). Tantangan Pembelajaran Proyek Citizen Science di Indonesia. IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 4(1), 118–126. https://doi.org/10.61648/ibers.v4i1.140
Abstrak viewed = 47 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama