Tantangan Pembelajaran Proyek Citizen Science di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.61648/ibers.v4i1.140Kata Kunci:
Tantangan, Proyek Citizen Science, IndonesiaAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi mengenai tantangan pembelajaran proyek citizen science di Indonesia, sehingga implementasinya lebih maksimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan penelahan pustaka. peneliti menggunakan triangulasi data yang bertujuan agar peneliti dapat meningkatkan pemahaman peneliti terkait data dan fakta yang dimiliki. Pembelajaran pelibatan masyarakat lokal ini memberikan manfaat sangat besar dalam pembelajaran di sekolah. Kelebihan pembelajaran ini yaitu pelibatan ahli dan non ahli dalam proses pembelajaran, peserta didik belajar dari objek asli, menghasilkan berbagai produk, dan peningkatan pengetahuan serta keterampilan. Disamping itu, kelemahan pembelajaran ini membutuhkan waktu tambahan dalam proses pembelajaran. Tantangan dalam pembelajaran proyek citizen science diantaranya cohesiveness atau kedekatan peserta didik, komunikasi interpersonal, penggunaan teknologi informasi, dan waktu. Dengan demikian, pembelajaran proyek citizen science menjadi salah satu inovasi pembelajaran masa kini yang dapat diaplikasikan oleh guru di sekolah.

