Kajian Literatur: Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Pada Pelajaran Matematika di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.61648/ibers.v2i1.22Kata Kunci:
Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, matematika, dan COVID-19Abstrak
Pendidikan merupakan hak yang harus didapatkan oleh semua orang. Namun, tantangan utama yang dihadapi dunia pendidikan saai ini adalah sejauh mana dapat mengenali dan mengatasi berbagai macam kebutuhan seluruh populasi peserta didik, tidak terkecuali bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Peserta didik yang tergolong berkebutuhan khusus memperoleh hak yang sama dengan setiap warga negara lainnya. Maka dari itu, pemerintah menginisasi program Pendidikan Inklusif sebagai solusi terhadap kecemasan tentang suatu kelompok ini sehingga menjadi upaya yang difokuskan untuk mengatasi hambatan untuk belajar dan berpartisipasi. Pendekatan yang digunakan sekolah dengan Kurikulum Alam di Kabupaten Bogor terdiri dari pendekatan dari Kepala Sekolah, Pendidik dan terutama orang tua. Ketiganya memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan anak ABK. Dunia pendidikan diharapkan tidak hanya fokus pada pendidikan biasa, juga seharusnya pada inisiatif terhadap kurikulum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan menawarkan kesempatan yang lebih luas.

