GAMBARAN ANTARA KOPING STRESS DENGAN TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Penulis

  • Linda Widyastuti Universitas Bhakti Kencana
  • Siti Nurul Amiroh Universitas Bhakti Kencana
  • Priscalina Dea Sukmana Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.61648/ibers.v3i1.81

Kata Kunci:

coping with stress , final-year students, stress levels

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran antara coping dengan tingkat stress pada mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan skripsi. Kesulitan dalam menuangkan pikiran ke dalam tulisan ilmiah, menganalisis data, berinteraksi dengan dosen pembimbing, dan menghadapi masalah non-akademik merupakan faktor penyebab stres yang signifikan. Mekanisme koping digunakan oleh mahasiswa untuk mengatasi stres dalam proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dari beberapa artikel dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tingkat akhir mengalami tingkat stres sedang. Strategi koping yang dominan adalah fokus emosi dan fokus masalah. Mahasiswa yang menggunakan strategi fokus emosi menggunakan berbagai mekanisme koping, termasuk mencari dukungan sosial, terlibat dalam kegiatan positif, dan berbagi masalah dengan orang lain. Meskipun mengalami stres, motivasi mahasiswa tetap tinggi untuk menyelesaikan skripsi mereka. Faktor usia dan jenis kelamin juga mempengaruhi tingkat stres mahasiswa. Penelitian ini memberikan gambaran tentang mekanisme koping dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Implikasinya, institusi pendidikan perlu memberikan perhatian lebih pada mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi dan mengembangkan strategi pengelolaan stres yang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-09

Cara Mengutip

Widyastuti, L., Amiroh, S. N. ., & Dea Sukmana, P. . (2024). GAMBARAN ANTARA KOPING STRESS DENGAN TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.61648/ibers.v3i1.81
Abstrak viewed = 591 times