PENGEMBANGAN ALAT UKUR SKALA SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI BURNOUT AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.61648/ibers.v3i1.78Kata Kunci:
Mahasiswa, alat ukur, regulasi diriAbstrak
Regulasi diri atau self-regulation adalah proses dimana seseorang dapat mengatur pencapaian dengan aksi mereka, mengevaluasi kesuksesan mereka saat mencapai target suatu pembelajaran yang mengajarkan individu untuk dapat mengatur dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk mengetahui tingkat regulasi diri pada mahasiswa. Ada 41 item yang yang diberikan kepada 459 mahasiswa aktif yang pernah merasa lelah secara fisik dan emosional se lama berkuliah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan literatur bacaan. Sampel pada penelitian yang didapat menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh 16 item yang menjadi item final dengan model penskalaan Likert yang dianalisis dengan menggunakan SPSS. Skala self-regulated learning menunjukkan nilai validitas 0,829, 0,712, dan 0,787 dan reliabilitas yang cukup baik yaitu 0,879. Sehingga didapatkan pengembangan alat ukur yang cukup valid dan reliabel dalam mengukur self-regulated learning pada mahasiswa.