PENGEMBANGAN ALAT UKUR SKALA SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI BURNOUT AKADEMIK

Penulis

  • Puput Nurbani Sofa UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Dea Raisa Andini UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Dhea Aprilina Dya UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Khoirunnisa Luthfiah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Maritza Fathiarafa UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Yoga Aditiya UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Zulmi Ramdani UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61648/ibers.v3i1.78

Kata Kunci:

Mahasiswa, alat ukur, regulasi diri

Abstrak

Regulasi diri atau self-regulation adalah proses dimana seseorang dapat mengatur pencapaian dengan aksi mereka, mengevaluasi kesuksesan mereka saat mencapai target suatu pembelajaran yang mengajarkan individu untuk dapat mengatur dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk mengetahui tingkat regulasi diri  pada mahasiswa. Ada  41  item yang yang diberikan kepada 459  mahasiswa aktif yang pernah merasa lelah secara fisik dan emosional se                                                                                                                                                                                                  lama berkuliah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan literatur bacaan. Sampel pada penelitian yang didapat menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh 16  item yang menjadi item final dengan model penskalaan Likert yang dianalisis dengan  menggunakan SPSS. Skala self-regulated learning menunjukkan nilai validitas 0,829, 0,712, dan 0,787 dan reliabilitas yang cukup baik yaitu 0,879. Sehingga didapatkan pengembangan alat ukur yang cukup valid dan reliabel dalam mengukur self-regulated learning pada mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-09

Cara Mengutip

Sofa, P. N., Andini, D. R. A., Dya, D. A., Luthfiah, K., Fathiarafa, M., Aditiya, Y., & Ramdani, Z. (2024). PENGEMBANGAN ALAT UKUR SKALA SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI BURNOUT AKADEMIK. IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.61648/ibers.v3i1.78
Abstrak viewed = 513 times