Kontribusi Keluarga dalam Penggunaan Bahasa Isyarat Untuk Berkomunikasi dengan Anak Tuna Rungu

Authors

  • Ilmi Nuha Kamila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rayana Sadya Putri Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zahran Ihsan Huwaidi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61648/ibers.v4i1.172

Keywords:

Communication, Deafness, Family, Sign Language, Social Support

Abstract

Tunarungu adalah individu yang mengalami gangguan pendengaran, yang berdampak pada perkembangan bahasa serta kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman keluarga terhadap kemampuan komunikasi anak tunarungu, serta strategi untuk meningkatkan dukungan keluarga. Metode yang digunakan adalah literature review yang memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi dan menyintesis hasil penelitian terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam mendukung perkembangan keterampilan komunikasi anak tunarungu melalui penggunaan bahasa isyarat. Namun, terdapat hambatan seperti stigma sosial dan kurangnya akses informasi yang menghalangi adopsi bahasa isyarat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan keluarga yang positif dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak tunarungu. Rekomendasi yang diberikan mencakup penyediaan pelatihan bahasa isyarat, pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran, serta keterlibatan sekolah dalam mendukung pembelajaran bahasa isyarat. Upaya kolaboratif antara keluarga, institusi pendidikan, dan masyarakat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan komunikasi anak tunarungu secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

Published

13-07-2025

How to Cite

Kamila, I. N., Putri Rahayu, R. S., Huwaidi, Z. I., & Hamidah, S. (2025). Kontribusi Keluarga dalam Penggunaan Bahasa Isyarat Untuk Berkomunikasi dengan Anak Tuna Rungu. IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 4(1), 155–163. https://doi.org/10.61648/ibers.v4i1.172
Abstract viewed = 44 times