MODEL PENGUKURAN AGRESI MAHASISWA DI BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.61648/ibers.v1i2.17Keywords:
Conctruction of psychological measurement; Agression; StudentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat ukur Agresi pada mahasiswa sebagai salah satu bentuk respon atas maraknya berbagai kasus kekerasan fisik dan lainnya. Konsep agresi yang digunakan berasal dari Buss dan Perry (1992), perilaku agresif adalah perilaku atau kecenderungan perilaku yang berniat untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikologis untuk mengekspresikan perasaan negatifnya sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Pendekatan alat ukur yang digunakan adalah pendekatan modifikasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 212 subjek yang dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis dan uji validasi menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan metode outer dan inner model. Dari 34 aitem yang diukur, terdapat lima aitem yang gugur dalam pengujian, yakni dimensi meaning. Empat dimensi lainya, sehingga tersisa 29 item yang valid dan reliabel berdasarkan uji Partial Least Square (PLS) dan cronbach alpha. Alat ukur yang dikembangkan ini dapat digunakan kembali untuk penelitian selanjutnya